9 Manfaat Futsal Yang Perlu Anda Ketahui [INFO]

Posted by Anonymous Thursday, May 22, 2014 0 comments

Futsal Merupakan salah satu jenis olahraga yang serupa dengan sepak bola dengan skala yang lebih kecil. Tapi, juga memiliki peranan penting dalam mengembangkan bakat pemain sepak bola. Entah itu soal kelincahan, kecepatan dan intuisi, semua bakat ini dapat terlihat dan berkembang secara baik berkat permainan futsal. Hanya saja, di banding sepakbola, futsal memiliki peraturan lebih ketat. Di sini kecekatan teknik dan kemampuan bermain sangat diperlukan, tanpa takut cedera. Lalu, di mana letak keajaiban lainnya?

1. Kecerdasan


Futsal adalah olahraga yang mengalir begitu saja tanpa persiapan khusus. Dibutuhkan improvisasi untuk menghadapi situasi pertandingan yang berubah-ubah. Sehingga cukup ideal untuk mengembangkan kecerdasan. Para pemain di tuntut siap menghadapi segala serangan sehingga ketelitian, ketangkasan, kecepatan terutama kecerdasan sangat dibutuhkan.

2. Ketajaman Skill


Futsal lebih mementingkan skill dibanding kekuatan fisik. Ukuran bola lebih kecil dan ringan merupakan alat yang baik untuk mengembangkan teknik individu. Hal itu berperan dalam peningkatan kelincahan plus kecepatan kaki. Perubahan gerak tubuh serta penguasaan bola saat menerima dan mengoper sangat bermanfaat buat pemain saat bertanding di luar lapangan futsal.

3. Ketangkasan Taktik dan Teknik


Karena ruang gerak futsal sangat sempit, perputaran bola akan terasa semakin cepat diantara kaki para pemain. Hal ini mampu mengembangkan permainan secara cepat, baik individu maupun tim. Ini memancing supaya para pemain mampu memutuskan taktik dan teknik dengan cepat.

4. Total football 


Keterbatasan jumlah pemain membuat semua pemain harus memiliki kemampuan bertahan dan menyerang. Nggak ada pembagian posisi dalam futsal. Dengan begitu, seluruh pemain harus bekerja sama dengan baik. Kesampingkan ego dalam hal ingin mencetak gol terbanyak. Tapi usahakanlah gol terbentuk dari sikap solid dari semua pemain futsal.

5. Hiburan


Kecepatan sangat dibutuhkan di sini. Pemain harus aktif bergerak dan nggak boleh berdiam menunggu bola. Kecilnya lapangan memungkinkan banyaknya gol yang dicetak oleh beberapa pemain. Hal ini yang menghadirkan unsur hiburan. Weekend adalah saat yang untuk menyempatkan waktu untuk bermain futsal. Selain untuk mengisi waktu libur juga bisa menenangkan pikiranmu sejenak dari pekerjaan yang padat.

6. Meningkatkan Energi 


Latihan futsal dapat meningkatkan detak jantung, sehingga memengaruhi aliran darah dan oksigen dalam tubuh. Dengan meningkatnya peredaran darah dan oksigen dalam tubuh maka tingkat energimu akan meningkat secara signifikan

7. Melatih Pernapasan


Energi yang terkuras dari latihan futsal akan melatih kekuatan napasmu. Buat Kamu yang belum terbiasa bermain futsal akan merasa napas terengah-engah. Ini dikarenakan kurangnyawaktu untuk berolah raga. Tapi jangan khawatir, lama kelamaan semakin sering kamu berlatih futsal, juga akan terbiasa.

8. Menurunkan Berat Badan


Memang kedengarannya cukup asing kalau olahraga futsal dapat menurunkan berat badan. Ternyata latihan futsal dengan intensitas waktu sering, akan membantumu menurunkan berat badan. Hal ini disebabkan karena aktivitas olahraga futsal membantu mengeluarkan banyak keringat. Yang akhirnya dapat membantu membakar kalori pada tubuhmu.

9. Kebersamaan 


Yah ,Futsal bakal menjadi menarik karena diperlukan kecerdasan, keahlian tehnik, total football, kecepatan
dan hiburan (bila gol banyak), namun juga menjadi sarana untuk meningkatkan kesehatan kebersamaan dan kekeluargaan antar Pelajar , Mahasiswa , Teman Kerja Dll.

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: 9 Manfaat Futsal Yang Perlu Anda Ketahui [INFO]
Ditulis oleh Anonymous
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://refsky-fitriono.blogspot.com/2014/05/9-manfaat-futsal-yang-perlu-anda.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Post a Comment

Template by Refsky Fitriono | Copyright of Blog'e Wong Maos.